Urutan Ritual Menjalankan Ibadah Haji di Tanah Suci

Apakah antrian haji Anda tinggal beberapa tahun lagi? Anda pasti sangat senang sekali. Karena ada ribuan umat Islam yang harus menunggu antrian haji hingga belasan tahun.

Beruntung sekali jika Anda sudah daftar beberapa tahun yang lalu. Itu artinya Anda hanya perlu mempersiapkan diri. Setidaknya Anda sudah tahu urutan ibadah haji yang benar.

Memang Anda akan mendapatkan manasik haji. Ini adalah bimbingan ibadah haji agar Anda dan juga jamaah haji lainnya bisa menjadi haji yang mabrur. Semua rukun dan wajib haji dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Urutan Melaksanakan Ibadah Haji

Berikut ini urutan ibadah haji yang harus Anda ketahui:

  1. Ihram

Yang paling utama adalah ihram. Anda harus memulai haji dengan memakai pakaian ihram. Saat itu pula Anda harus mengucapkan niat.

 

Saat ihram ini pula Anda akan diminta oleh pembimbing jamaah haji untuk melantunkan bacaan talbiyah. Satu rombongan akan memakai pakaian ihram, niat haji, dan kemudian membaca kalimat talbiyah.

 

  1. Tawaf Qudum

Setelah memakai pakaian ihram, rombongan jamaah haji akan diantar ke Makkah untuk melaksanakan tawaf Qudum. Ini adalah tawaf kedatangan, yaitu tawaf yang menjadi penanda kedatangan Anda ke Tanah Suci. Tawaf artinya mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

 

  1. Mabit di Mina

Di hari kedepalan Dzulhijjah, Anda dan rombongan harus meninggalkan Makkah untuk menuju ke Mina. Di sinilah Anda dengan rombongan akan mabit di Mina. Mabit artinya menginap satu malam di Mina pada tanggal 9 Dzulhijjah. Setelah itu, di hari tasyriq, Anda akan diantar ke hotel di mana Anda akan menginap.

 

  1. Wukuf di Arafah

Tepat pada tanggal 9 Dzulhijjah di pagi hari buta, para jamaah akan menuju ke Padang Arafah. Di sana, para jamaah haji harus melakukan rukun yang disebut dengan wukuf di Arafah. Ini dilakukan hingga matahari terbenam.

 

  1. Mabit di Muzdalifah

Setelah wukuf di Arafah, Anda dan jamaah haji lainnya menuju ke Muzdalifat untuk mabit atau menginap. Di Muzdalifah, Anda akan diminta untuk mencari kerikil yang akan Anda gunakan untuk melempar jumrah.

 

  1. Melempar Jumrah Aqabah

Selanjutnya adalah melempar jumrah di hari raya Idul Adha. Melempar jumrah ini dilakukan di Mina. Ini pelemparan jumrah yang pertama yang disebut dengan jumrah aqabah Al-Kubro.

 

  1. Sa’i

Urutan ibadah haji selanjutnya adalah sa’i. Sa’i adalah berlari kecil antara Shafa dengan Marwah sebanyak 7 kali. Ritual ini dimulai dari Shafa dan berakhir di Marwah.

 

  1. Tahallul

Tahallul artinya mencukur Sebagian rambut, setidaknya 3 helai rambut. Namun, banyak jamaah haji yang mencukur gundul seluruh rambut.

 

  1. Tawaf Ifadhah

Rangkaian selanjutnya adalah tawaf ifadhah, yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

  1. Tawaf Wada’

Tawaf wada’ dilakukan sebagai tawaf perpisahan. Ini dilakukan sebelum Anda kembali ke tanah air.

Itulah urutan ibadah haji yang harus Anda jalankan. Untuk lebih jelasknya, Anda bisa ikut manasik haji. Di saat manasik haji nanti, pembimbing akan menjelaskan urutan lebih jelas lagi. Karena bisa saja Anda harus menjalankan haji tamattu’. Artinya, Anda harus umroh dulu baru haji. Haji tamattu ini biasanya dijalankan oleh rombongan haji furoda. Untuk haji yang satu ini, Anda akan dibimbing oleh penyedia travel haji furoda. Karena semua rangkaian ibadah haji dan akomodasinya ditanggung oleh penyedia jasa perjalanan haji, bukan Kemenag.

Ibadah Sunnah yang Dianjurkan Ketika Haji

Selain ibadah yang inti, tentu Anda tidak ingin melewatkan waktu istimewa di Tanah Haji tanpa melakukan ibadah sunnah, bukan? Agar haji Anda lebih sempurna, maka Anda harus melengkapi rukun dan wajib haji dengan ibadah sunnah.

Yang paling ditekankan adalah melakukan kesunnahan ketika wukuf di Arafah. Saat di Arafah, sebaiknya bersuci dulu dari hadas. Setelah itu, selama di Arafah, panjatkan doa, tasbih, tahmid, dan juga shalawat. Sebaiknya jangan sisakan waktu untuk memikirkan yang lain.

Para ulama’ menyarankan agar tidak ada pikiran negatif apalagi suudzon terhadap Allah ketika ada di Arafah. Karena saat di Arafah ini saat di mana Anda sebagai makhluk menghadap kepada Allah. Maka dari itu, isi dengan hal-hal yang positif. Ini yang sangat disarankan.

Nah, itulah urutan ibadah haji yang Anda harus ketahui. Sebelum Anda berangkat ke Tanah Suci, sebaiknya Anda benar-benar hafal dan mengerti urutan-urutannya.