Makanan Untuk Ibu Menyusui Untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Dari dulu hingga sekarang, ASI merupakan makanan yang terbaik untuk si kecil hingga berusia 2 tahun. Meskipun tidak semua Ibu memiliki kesempatan untuk bisa menyusui karena disebabkan oleh beberapa hal. ASI memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi, salah satunya adalah dapat membuat gemuk bayi. Memiliki bayi yang gemuk dan sehat tentu menjadi impian bagi para Ibu bukan? Lalu apa saja makanan untuk Ibu menyusui agar bayi gemuk?

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan kualitas ASI dan membuat bayi gemuk, berikut ini manfaat lain dari ASI selain dapat menggemukkan badan si kecil yaitu :

  • Sebagai makanan utama yang terbaik bagi bayi hingga usia 2 tahun sesuai dengan perkembangan sistem pencernaannya.
  • Memberikan imunitas atau kekebalan tubuh secara langsung kepada bayi. Bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif cenderung lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit.
  • Mempererat emosi antara Ibu dan bayi melalui sentuhan yang terjadi ketika Ibu sedang menyusui si kecil.
  • Menjadi sarana bagi Ibu untuk berkomunikasi dengan bayi, dan hubungan antara anak dan Ibu menjadi lebih erat.

Karena banyaknya manfaat yang diperoleh dari ASI, setiap Ibu pasti akan memutar otak untuk bisa memberikan asupan ASI kepada si kecil. Untuk bisa membuat bayi gemuk dan sehat memang menjadi sebuah tugas yang susah-susah gampang karena Ibu harus menyesuaikan dengan selera makan si kecil, dan Ibu juga perlu memperhatikan makanan apa saja yang akan dimakan oleh si Ibu agar bayi mendapatkan vitamin dan nutrisi yang akan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya nanti. Ibu yang sehat tentu akan mempengaruhi kesehatan bayi juga.

Ini Dia Makanan Yang Direkomendasikan Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Pixabay.com

Sebelum menginjak usia 4 – 6 bulan, bayi hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi ASI dan tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan lain seperti bubur bayi organik karena sistem pencernaan yang belum sempurna. Nah, agar Ibu bisa dengan mudah mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, dan membuat si kecil tampak gemuk dan sehat, berikut ini beberapa makanan untuk Ibu menyusui agar bayi gemuk :

Bayam

Sayur bayam merupakan sayur yang mengandung zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia pada Ibu menyusui. Selain itu, bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin A, C, dan K. Mengonsumsi bayam dalam jumlah yang seimbang akan berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi bayi.

Gandum

Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan serat dan dapat membantu agar tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat yang terkandung dalam gandum akan membantu bayi agar kenyang lebih lama dan dapat memperlancar pencernaan bayi. Selain itu, gandung juga bisa menjadi antioksidan aktif dan kuat yang dapat melindungi tubuh Ibu dari radikal bebas seperti bakteri dan virus yang nanti akan berdampak pada kualitas ASI dan bayi.

Brokoli

Selain bayam, sayuran lain yang akan membantu Ibu menyusui untuk memberikan nutrisi terbaik untuk bayi adalah brokoli. Brokoli mengandung asam folat yang dapat membantu mencerdaskan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, fitoestrogen, dan mangan.

Salmon

Sudah tidak bisa diragukan lagi, salmon memang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak. Ikan salmon kaya akan DHA, sehingga dapat membantu mengembangkan sistem saraf bayi. Sebenarnya ASI juga sudah mengandung DHA, namun kandungan DHA yang ada di dalam ikan salmon jauh lebih tinggi dibandingkan ASI.

Nasi Merah

Nasi merah mengandung kalori yang akan berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi. Nasi merah juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan berfungsi sebagai antioksidan serta kaya akan selenium yang bisa berfungsi untuk mencegah kanker usus besar.

Kacang Hijau

Ibu Menyusui memang akan membutuhkan asupan protein yang tinggi untuk bisa memproduksi ASI yang lebih banyak. Kacang hijau memiliki protein nabati yang sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin. Kacang hijau akan membantu untuk memperlancar ASI karena kandungan mineral yang tinggi.

Yogurt

Pixabay.com

Salah satu makanan lezat yang bisa menjadi pilihan Ibu menyusui adalah Yogurt. Yogurt tidak hanya berfungsi untuk membantu memperlancar pencernaan, namun juga bermanfaatuntuk kesehatan tulang Ibu dan bayi karena rendah lemak dan tinggi kalsium. Kandungan protein dan kalsium dalam yogurt juga bisa membantu untuk melancarkan ASI.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan yang bisa membantu si kecil untuk bisa tumbuh sehat dan gemuk. Selama kebutuhan kalori dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh Ibu menyusui sudah tercukupi, maka bayi akan mampu untuk tumbuh gemuk dan sehat. Namun, jangan hanya berpatokan pada berat badan bayi saja ya, karena gemuk belum tentu sehat. Alangkah lebih bauk untuk fokus pada kecukupan jensi dan jumlah nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang agar membantu tumbh kembang bayi secara optimal. Perhatikan makanan yang akan Ibu menyusui konsumsi, jangan sampai makanan yang anda konsumsi justru akan membuat tumbuh kembang bayi terhambat. Semangat!