8 Cara Merawat Baterai Kamera Dengan Benar Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Kamera merupakan produk elektronik yang terdiri dari berbagai komponen agar bisa bekerja secara maksimal. Komponen tersebut mulai dari lensa, sensor, memori penyimpanan data, hingga baterai. Dimana baterai merupakan komponen penting agar kamera bisa menyala, sehingga harus dirawat dengan sedemikian rupa agar tetap awet dan tahan lama. Untuk itu, yuk simak 8 cara merawat baterai kamera yang benar dalam ulasan ini.

8 Cara Untuk Merawat Baterai Kamera Dengan Benar

Pixabay.com

  1. Matikan Kamera Pada Saat Tidak Digunakan

Agar baterai pada kamera tetap awet maka perlu mematikan kamera pada saat tidak digunakan. Tapi juga perlu diingat, bahwa cara satu ini tergantung dengan kebutuhan akan kamera itu sendiri. jika kamera digunakan untuk menangkap momen momen yang bergerak, maka akan lebih baik jika kamera terus dinyalakan sehingga tidak akan tertinggal momen penting.

Namun jika kamera digunakan pada saat dalam perjalanan atau travelling, maka sebaiknya matikan kamera saat tidak digunakan. Selain untuk menghemat baterai, mematikan kamera juga bisa digunakan untuk mencegah salah tekan ketika kamera tengah dikalungkan di leher. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika secara tidak sengaja memotret hal hal yang tidak penting pada saat di perjalanan.

  1. Jangan Terlalu Sering Melihat Hasil Foto

Biasanya pada saat melakukan perjalanan, pasti akan ada momen dimana sering sering melihat hasil tangkapan kamera. Jika demikian ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut, sebab terlalu sering menggunakan fitur playback akan membuat baterai pada kamera menjadi lebih boros. Hal ini karena LCD display pada kamera akan memakan banyak daya. Sehingga cara merawat baterai kamera yang benar adalah jangan sering melihat hasil foto lewat LCD display.

Tidak hanya itu. Kebanyakan kamera sudah dilengkapi dengan fungsi konektivitas, termasuk Wifi untuk mentransfer foto dari kamera ke ponsel atau PC. Dengan kemudahan tersebut, maka tidak jarang pengguna akan melakukan transfer data dengan sesuka hati. Agar baterai pada kamera menjadi awet dan tahan lama, daripada transfer data beberapa jam sekali ada baiknya untuk mentransfer data dalam sekali waktu.

  1. Gunakan Viewfinder Ketimbang LCD Kamera

Seperti yang diketahui bahwa LCD display pada kamera adalah salah satu komponen yang menguras daya baterai paling banyak. Untuk itu jika pada kamera yang kamu miliki terdapat fitur display viewfinder yakni sebuah lensa kecil yang berada pada bagian atas bodi belakang kamera, maka ada baiknya gunakan fitur tersebut untuk menghemat baterai agar tetap awet.

Hal ini karena berbeda dengan LCD display yang terus terusan menyala dan memberikan informasi seperti shutter speed atau ISO, viewfinder lebih efektif karena pada saat digunakan hanya perlu mengukur objek yang akan difoto saja. Namun bagaimana jika kamera tidak memiliki viewfinder? Maka sebaiknya mengatur kecerahan LCD display berada di tingkat yang paling rendah, sehingga baterai pada kamera akan tetap awet.

  1. Simpan Baterai Kamera Dengan Cara yang Benar

Salah satu cara merawat baterai kamera biar tetap awet yakni dengan mengetahui cara menyimpan baterai yang benar. Contohnya seperti pada saat kamu berencana untuk menggunakan kamera dalam waktu dekat, maka ada baiknya melepaskan baterai dari bodi kamera. Dimana tindakan tersebut dilakukan untuk menghindari adanya kebocoran baterai.

Kemudian simpan baterai tersebut di tempat dingin dan kering, yang di dalamnya sudah terdapat silica gel. Selain itu, hindari tempat penyimpanan yang panas atau lembab. Jika baterai pada kamera menggunakan baterai AA-alkalin, maka ada baiknya cabut baterai kemudian gunakan pada perangkat elektronik lain. Sebab jika baterai tidak digunakan, lama kelamaan daya dalam baterai justru akan habis.

  1. Matikan Fitur Kamera yang Tidak Diperlukan

Kini, fitur yang dimiliki kamera semakin banyak dan canggih guna memastikan produk memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi ketika semua fitur tersebut dioperasikan pada saat bersamaan, tidak heran jika baterai akan cepat habis. Untuk itu, cara merawat baterai kamera yang benar adalah dengan menyeleksi dan mematikan fitur fitur kamera yang tidak digunakan. Namun jika kamera memiliki mode power saving, maka ada baiknya untuk menggunakan fitur tersebut.

  1. Tidak Mengisi Baterai Hingga Over Charger

Cara satu ini berlaku untuk kamera yang menggunakan baterai dicas. Pengguna kamera dengan baterai charger, sering melakukan kesalahan pada saat mengecas. Yakni dengan membiarkan baterai tetap dicas padahal sudah penuh. Kondisi yang disebut dengan over charger tersebut bila dilakukan terus menerus maka bisa saja membuat baterai pada kamera mengalami kerusakan.

Sama seperti baterai smartphone, baterai pada kamera yang over charger juga akan melembung hingga kemudian gampang low battery. Oleh karena itu, salah satu cara merawat baterai kamera yang tepat adalah lakukan pengisian daya baterai kurang lebih selama 4 jam. Setelah itu baterai akan penuh dan ada baiknya untuk segera mencabut charger dari stop kontak.

  1. Menggunakan Charger Baterai yang Asli

Memang terbilang sepele, namun untuk membuat baterai agar tetap awet maka perlu untuk menggunakan charger kamera yang asli. Hal ini dikarenakan charger yang asli biasanya sudah disesuaikan dengan arus listrik masuk saat digunakan untuk mengisi baterai, sehingga arus listrik akan lebih stabil. Berbeda dengan charger yang tidak asli. Tak hanya membuat baterai tidak awet, kabel tersebut juga bisa merusak baterai karena perbedaan arus yang dihasilkan.

  1. Isi Baterai Saat Sudah Mencapai Batas Minimal 20 Persen

Pixabay.com

Salah satu cara merawat baterai kamera agar tetap awet adalah dengan menghindari baterai hingga kosong atau mati. Akan lebih baik jika baterai segera diisi apabila sudah tinggal 20 persen saja. Pasalnya mengisi baterai secara terus menerus ketika sudah kosong, malah akan membuat rusak dan tidak awet digunakan. Sehingga mau tidak mau kamu harus membeli baterai yang baru.

Itulah 8 cara yang bisa dilakukan untuk merawat baterai pada kamera agar tetap awet dan juga tahan lama. Semoga dengan adanya informasi pada canon user guide pdf ini dapat membantu dalam perawatan baterai untuk kamera, sehingga kamu pun bisa mengandalkan kamera guna menanggap momen berharga tanpa takut kehabisan baterai. Selamat mencoba!