Cara Membuat Website Di Google Tanpa Mengeluarkan Biaya

Membuat website bisa Anda lakukan secara gratis di Google. Waktu pembuatannya juga cukup singkat. Sesudahnya, Anda bisa segera menerbitkan konten yang ingin dibagikan pada orang lain melalui internet. Namun, sudahkah Anda mengetahui tentang cara membuat website di Google tersebut?

Banyak produk Google yang bisa Anda maksimalkan untuk pembuatan sebuah website. Di antaranya adalah Blogger hingga Google Sites. Keduanya sama-sama ditawarkan tanpa biaya sepeserpun.

Yang Anda perlukan hanyalah membuat akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan produk Google untuk mewujudkan situs. Di sini, kami akan bagikan tentang caranya membuat website di Google sites.

Apa Itu Google Sites?

Google sites merupakan website builder paling simple yang dimiliki oleh Google. Produk ini muncul sejak tahun 2008. Versi utamanya memiliki penampilan yang mirip dengan Google Docs.

Hasil yang didapatkan juga terlihat sangat mirip. Hasilnya berupa dokumen atau file yang didukung dengan kolom pencarian. Kolom ini biasanya diletakkan di bagian teratas dari situs.

Website builder gratis ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah situs yang dinamis. Tampilannya sederhana namun bisa diperkaya dengan konten bervariasi. Secara, pembuatnya bisa memasukkan berbagai format penulisan.

Anda bisa memasukkan dokumen, gambar, video hingga text html untuk membuatnya lebih menarik. Anda juga bisa menyisipkan table di dalam konten tanpa kesulitan. Tentunya, ini akan bermanfaat bagi Anda yang ingin menerbitkan konten berisi tentang table.

Kelebihan Google Sites

Sebagai salah satu layanan, Google sites juga memiliki kelebihan. Kelebihan ini ditawarkan untuk memberikan pengalaman berharga bagi penggunanya. Salah satu keunggulannya ialah telah terintegrasi dengan akun Google.

Anda hanya perlu membuat akun Gmail. Lantas, layanan di dalamnya sudah siap digunakan. Contohnya ialah tempat penyimpanan dari file website.

Integrasi ini memungkinkan Anda tidak perlu melakukan backup data. Pasalnya, file website ini akan segera tersimpan di Google Drive.

Selain itu, tingkat keamanannya juga bagus. Google tentu memiliki sistem keamanan yang luar biasa. Sistem ini bisa meminimalkan risiko serangan hacker. Dengan begitu, situs akan aman dan aktif di internet.

Yang paling menarik, kecepatan loading website tidak perlu dipertanyakan. Hampir pasti jika situs akan tampil begitu cepat. Karena situs ini menggunakan server milik Google.

Hanya saja, situs seperti ini masih kurang mendapatkan perhatian dari user. Khususnya jika situs ini berkaitan dengan penjualan produk. Karena tingkat kepercayaan pelanggan dipengaruhi oleh tampilan situs yang lebih professional.

Jika Anda memang ingin membuat situs yang desainnya rapi dan lebih professional, Anda sebaiknya membeli domain serta hosting. Keduanya menjadi komponen utama dalam membuat situs. Dan Anda bisa menekan biaya pengeluaran jika Anda membelinya di penyedia hosting murah.

Langkah Membuat Situs di Google Sites

Cara membuat website di Google ini hanya memerlukan waktu yang cukup singkat. Untuk membuatnya, pastikan Anda telah memiliki akun Gmail. Jika sudah, Anda tinggal masuk ke sites.google.com. Kemudian, ikuti langkahnya seperti di bawah.

Awali dengan masuk ke dashboard situs dengan menekan blank pada halaman Google sites. Anda nantinya akan masuk ke menu pengaturan.

Pengaturan bisa dimulai dengan menamai situs. Ketik nama yang diinginkan. Letaknya ada di bagan kiri layar komputer atas.

Anda juga bisa memasukkan gambar yang akan dijadikan logo tepat di dashboard. Begitu pula image untuk latar belakang. Cukup sorot pada area header, kemudian pilih image dan unggah gambar dari komputer.

Nama ini nantinya akan berubah otomatis dalam url. Google yang akan merubahnya. Jadi, Anda tidak perlu memikirkan tentang bagaimana cara membuat url situs tersebut.

Setelah itu, pilihlah tema atau theme. Tema situs sudah disediakan oleh Google sites. Anda cukup menekan menu themes pada sidebar kanan. Kemudian pilih salah satunya dengan menekannya. Praktis, tampilan website akan berubah menyesuaikan tema.

Langkah selanjutnya ialah mengatur tata letak. Pengaturan ini sebenarnya sudah ada secara default. Tetapi bila Anda ingin mengubahnya juga tidak masalah. Caranya cukup dengan memanfaatkan menu insert di sidebar kanan. Silahkan pilih sesuka Anda.

Pengaturan lainnya ialah pembuatan halaman. Di sini, Anda tinggal menekan pages, kemudian isi dengan nama halaman yang akan digunakan. Buat beberapa yang mencerminkan situs Anda.

Setelah itu, Anda bisa mengisi situs dengan konten. Konten ini bisa berupa video, dokumen, gambar dan lain sebagainya.

Intinya, cara membuat website di Google dengan platform tersebut sangatlah mudah. Anda cukup membuat nama situs dan melakukan beberapa pengaturan sesuai keinginan. Jika sudah, Anda tinggal membuat konten yang siap untuk diterbitkan ke internet.