Ketahui Cara Membuat Bisnis Plan

Setiap orang pasti menginginkan bisnisnya berjalan dengan lancar. Untuk mewujudkan hal tersebut, ketika akan memulai suatu bisnis, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang baik.

Kegunaan Rencana Bisnis

Dalam pembuatan rencana bisnis diperlukan keyakinan bahwa bisnis tersebut akan berhasil tapi juga perlu diimbangi dengan penetapan target yang realistis. Rencana bisnis ini dibuat untuk beberapa kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Merancang rencana awal bisnis

Rencana bisnis dibuat sebagai perancangan rencana awal suatu bisnis untuk mengetahui strategi apa yang akan dijalankan dalam bisnis tersebut. Hal ini dilakukan agar bisnis bekembang secara terarah dan memiliki target yang jelas. Sehingga kesuksesan dalam berbisnis bisa diraih dengan mudah. Tanpa adanya rancangan awal bisnis ini, maka akan mustahil sekali suatu bisnis bisa berkembang dan sukses. Maka dari itu, rencana bisnis harus dibuat serinci dan sebaik mungkin.

  • Mencari sumber dana

Rencana bisnis juga bisa digunakan untuk mencari sumber dana yang berasal dari pihak lain, baik dari investor, perbankan maupun modal. Rencana binsis yang dibuat tersebut berisi gambaran bisnis yang bisa berperan sebagai proposal pendanaan untuk diajukan ke pihak luar. Setidaknya dalam bisnis plan tersebut, investor mendapatkan informasi mengenai keuntungan yang didapat jika bersedia menanamkan modalnya, mengerti tentang bisnis yang dijalankan, dan bisnis terebut bisa dipercaya oleh investor.

  • Bisnis menjadi lebih fokus dan terarah

Rencana binis memiliki target dan tujuan yang sangat jelas, sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik karena tearah dan terfokus pada target. Hal ini juga akan memunculkan strategi bisnis dalam jangka pendek dan jangka panjang yang akan membuat bisnis semakin berkembang dengan cepat.

Cara untuk Membuat Rencana Bisnis

Berikut adalah cara menyusun rencana bisnis yang bisa diterapkan ketika akan memulai suatu usaha yang menguntungkan.

  1. Mengenali bisnis yang akan dijalankan

Langkah awal yang paling penting dalam membuat rencana bisnis adalah mempelajari dan memahami bisnis yang akan dijalankan. Analisis mengenai bisnis ini dilakukan secara menyeluruh dan juga mendalam pada beberapa aspek, seperti bentuk bisnis, potensi, tantangan, resiko, dan mempelajari strategi competitor yang memiliki bisnis sama. Dengan mengetahui beberapa aspek tersebut, maka akan diketahui strategi yang perlu dilakukan agar bisnis bisa berkembang dengan baik,

  1. Menentukan arah bisnis

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan serta target yang akan dicapai oleh bisnis terebut. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dan target yang jelas akan membuat bisnis terarah dengan baik sehingga alur dan setiap keputusan bisnis yang akan dijalankan bisa dirancang dengan mudah.

  1. Menulis rencana bisnis

Setelah memahami kedua langkah tersebut, langkah selanjutnya adalah menuliskan rencana bisnis. Beberapa hal yang perlu dituliskan diantaranya adalah.

  • Deskripsi singkat bisnis

Dalam deskripsi bisnis ini tertulis beberapa hal terkait bisnis tersebut seperti visi, misi, dan target dari bisnis yang akan dijalankan. Selain itu, dijelaskan juga produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen. Deskripsi singkat mengenai bisnis ini perlu ditulis semenarik mungkin dan memiliki nilai jual.

  • Latar belakang bisnis

Bagian latar belakang bisnis ini berisi informasi mengenai alasan dibalik pendirian bisnis tersebut. Selain itu ditulis juga setiap orang yang terlibat dalam bisnis baik pemilik saham atau pemodal, struktur organisasi bisnis, serta daftar konsultan yang terkait.

  • Produksi bisnis

Dalam produki bisnis ini berisi penjelasan terkait sistem operasi yang berjalan mulai dari awal produksi hingga produk atau jasa tersebut sampai ke konsumen. Dijelaskan dengan jelas bagaimana proses yang dilakukan ketika menerima pesanan, memproduksi barang, hingga pendistribusiannya.

  • Tenaga kerja

Selanjutnya adalah menulis hal-hal terkait dengan tenaga kerja secara detil, mulai dari keahlian dan kompetensi yang diperlukan hingga jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Perencanaan sumber daya manusia dengan tepat menjadi salah satu penentu kesuksesan suatu bisnis.

  • Pemasaran bisnis

Hal lain yang tidak kalah penting adalah melakukan analisis mengenai pemasaran dan juga ditribusi produk atau jasa dari bisnis tersebut. Analisis ini dilakukan pada beberapa hal diantaranya adalah target pasar yang akan dituju, perkembangan tren pasar, strategi distribusi dan juga strategi pemasaran agar target bisnis bisa tercapai. Strategi marketing yang direncanakan dibuat dalam bentuk timeline yang tepat untuk melakukan produksi dan pemasaran produk atau jasa ke konsumen.

  • Keuangan dan pengembalian modal

Selanjutnya adalah menulis semua hal terkait dengan transaksi keuangan bisnis yang berjumlah kecil maupun besar, seperti pemasukan dan pengeluaran, perhitungan kembalinya modal, serta pengembalian dana invetasi ke investor. Hal ini dilakukan karena rencana bisnis bisa digunakan sebagai proposal untuk mencari pendanaan dari pihak lain.

  • Rencana pengembangan bisnis

Hal penting yang akan menjadi poin utama dari perhatian investor adalah rencana pengembangan bisnis. Hal ini akan menunjukan bahwa bisnis yang sedang dijalankan benar-benar serius dan bukan bisnis yang main-main. Dalam rencana pengembangan bisnis ini terdapat juga strategi pengembangan bisnis yang perlu dilakukan.

  • Risiko bisnis

Setiap bisnis yang dijalankan pastinya memiliki risiko baik dari sisi keuangan, produksi, maupun risiko yang lainnya. Dengan melakukan analisis terhadap risiko bisnis ini, maka bisa diketahui strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya risiko tersebut.

Itulah beberapa cara membuat bisnis plan yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat.