Berkembang Biakan Hewan Ular

Banyak yang masih bertanya bahwa perkembang biakan ular bertelurĀ  atau beranak. Memang kebanyakan dari kita mengetahui bahwa ular itu bertelur, namun beberapa waktu yang lalu ada video yang menggemparkan bahwa seeokor ular melahirkan 3 anaknya.

Para nitizen beramai ramai mengomentari video yang telah di unduh di internet itu, yang memeperlihatkan seeokor ular Boa pasir yang telah melahirkan tiga anaknya.

Di dalam rekeman video itu nampak seeokor ular berwarna merah muda telah lahir dari perut ibunya. Dan di situ juga sudah ada ular yang sama yang telah lahir terlebih dahulu.

Dan ada beberapa bercak darah nampak di dalam rekaman proses kelahiran ular tersebut. Untuk kamu yang memiliki fobia terhadap darah dan ular sebaiknya jangan menonton.

Ada beberapa orang menyalahkan pemikirannya yang selama ini mengira bahwa ular hanya bertelur. Bahkan ada beberapa ornag yang menyalahkan gurunya sebab ketidak tahuan para guru tetang ular yang melahirkan. Mereka masih kebingungan bahwa hewan ular bertelur atau beranak setelah melihat video tersebut.

Hal ini dapat dijelaskan bahwa sekitar 70 persen dari jenis hewan melata ini memang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar.

Jumlah telur di setiap pembuahan juga bervariasi, dari cuma beberapa butir saja hingga pulahan butir sampai ada yang ratusan butir setiap ular bertelur.

Biasanya ular akan menaruh telur-telurnya tersebut di lubang-lubang tanah, lubang kayu lapu, gua atau di bawah tumpukan daun-daun yang kering.

Tetapi ada beberapa ular seperti ular belang, ular pucuk, ular kadut dan ular bangkai laut yang proses perkembang biakannya dengan cara beranak.

Namun jangan dibayangkan proses melahirkan anak ular ini tentu saja tidak sama dengan hewan mamalia yang lain. Sebenarnya yang terjadi telur-telur ular tersebut berkembang dan menetas di dalam tubuh ibunya lalu akan keluar sudah berbentuk ular kecil-kecil. Proses perkembang biakan seperti ini disebut ovovivipar.

Tetapi juga ada jenis ular yang berkembang biak dengan cara beranak dan tidak bertelur sama sekali. Tidak sama dengan penjelasan di atas jadi ada jenis ular yang melakukan perkembang biakan dengan cara melahirkan atau disebut dengan vivipar.

Ular tersebut mengembangkan anaknya menggunakan plasenta dan kantung kuning telur. Hal ini memang bukan hal biasa dalam kehidupan para reptil. Jenis ular yang melakukan perkembang biakan dengan cara ini yaitu ular boa pembelit dan anakonda hijau. Semoga penjelasan datas dapat menjabawab pertanyaat apakah ular bertelur atau beranak.