5 Tips Jitu Menghitung Anggaran Biaya Bangun Rumah

Membuat hunian sendiri kerap kali dilakukan sebagian orang untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun sebelum membangun, tentunya harus ada pertimbangan anggaran biaya. Hal ini ditujukan agar biaya bangun rumah tidak terlalu membengkak ke depannya sehingga berakibat menguras kantong. Maka dari itu, yuk simak tips menghitung anggaran berikut.

Tips Menghitung Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membuat Hunian

  1. Rencanakan Detail Konstruksi

Anggaran biaya untuk membuat hunian akan membantu anda untuk memiliki patokan perhitungan yang jelas. Masukkan sedetail mungkin, mulai dari desain, tarif pekerja, hingga harga material bangunan. Jangan sampai ada yang terlewatkan agar anggaran anda tidak membengkak.

Sebaiknya anda memutuskan konsep apa yang hendak anda usung untuk hunian. Apakah andai ingin gaya industrial, minimalis, atau klasik? Tentukan terlebih dahulu sejak awal terkait model hunian yang akan dibuat. Hal ini dilakukan demi menghindari kesalahan di tengah penggarapan rumah.

Cari referensi di internet sebelum memutuskan memilih desain tertentu, seperti di laman web gabdearq.com. Dengan begitu, anda bisa mendapat desain yang tepat untuk hunian impian yang sesuai selera. Jangan sampai anda salah memilih model yang akan mengakibatkan pembangunan gagal sehingga harus mengulang kembali dari awal.

  1. Mencatat Keseluruhan Kebutuhan yang Penting

Melakukan perencanaan matang mengenai anggaran ketika membuat hunian sangat penting dilakukan untuk memonitor penggunaan uang. Jika ingin melakukan secara mandiri, anda harus menghitung perkiraan pengeluaran dana. Selain itu, anda bisa bekerja sama dengan kontraktor untuk mengkonsultasikan dulu dana yang dimiliki.

Membuat anggaran biaya bangun rumah juga bertujuan untuk memantau harga material yang tidak menentu. Selain itu, anda bisa mengetahui harga perangkat halus, perangkat keras, dan biaya tukang yang akan mengerjakan pembangunan hunian. Dengan begitu, anda bisa mengetahui total anggaran yang diperlukan untuk membuat hunian idaman.

Jangan lupa mempertimbangkan kualitas setiap material agar tidak salah pilih dan berujung kerugian. Pastikan anda mencatat keseluruhan yang paling penting. Hal tersebut dilakukan agar semua dana bias diatur. Sehingga anda tidak akan terkejut dengan hasil akhir simulasi perhitungan membuat hunian.

  1. Memperkirakan Anggaran Kasar Untuk Membuat Hunian Secara Bertahap

Sebelum membangun dan membeli material, cobalah untuk melakukan survei harga terlebih dahulu. Anda harus mengecek ke beberapa toko material untuk menemukan harga yang cocok. Pasalnya, beberapa toko terkadang memberikan potongan harga yang menarik jika melakukan pembelian material dalam jumlah banyak.

Setelah mendapat perkiraan harga melalui survei di beberapa toko, anda bisa mulai memperkirakan anggaran biaya membuat hunian. Anda bisa menentukan material apa saja yang akan digunakan agar sesuai dengan model yang diinginkan. Jika perlu hitung keseluruhan anggaran yang dibutuhkan.

Perkiraan perhitungan anggaran membuat hunian umumnya dimulai dari tahap persiapan seperti biaya membersihkan lahan dan kedatangan material. Setelah itu biaya untuk membuat pondasi , struktur beton bertulang, pembangunan dinding, atap, dan finishing. Tidak lupa juga perkirakan biaya tukang untuk mengerjakan hunian anda.

Perkiraan biaya pengerjaan untuk tipe sederhana berkisar 2,5 hingga 3 juta rupiah. Sedangkan untuk tipe hunian menengah sekitar 3,5 sampai 4 juta rupiah. Hal ini kan berbeda jika ingin membuat hunian mewah, biayanya dimulai dari 5 juta rupiah. Namun, biaya tersebut masih perhitungan kasar dan masih bisa berubah sewaktu – waktu.

  1. Menghitung Simulasi Pembuatan Hunian

Simulasi untuk menyusun perkiraan anggaran biaya harus dilakukan agar lebih terorganisir. Hal yang harus anda lakukan adalah menghitung ukuran bangunan yang akan dibuat. Selain itu, ketahui juga desain awal rumah untuk menentukan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk proses bangun rumah.

Perlu diketahui bahwa ukuran hunian tidak sama dengan luas tanah yang digunakan. Jadi ukuran rumah dan keseluruhan luas harus diperhitungkan dengan cermat. Jika anda sudah mengetahui secara detail, maka perkiraan perhitungan biaya membuat hunian bisa lebih akurat dan tepat.

Menghitung luas lahan menjadi salah satu langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin membuat suatu hunian. Pastikan tidak ada yang mengganggu atau menghalangi proses pengukuran. Apalagi jika terdapat lahan kotor yang penuh dengan pepohonan dan tumbuhan lainnya.

Ukurlah luas tanah mulai dari panjang dan lebar lahan yang akan digunakan untuk memperkirakan biaya membuat hunian. Misalnya, jika anda ingin membuat hunian tipe 36, maka membutuhkan luas tanah 60 meter persegi. Biasanya harga tanah per meternya adalah 2 juta sehingga biaya perkiraan adalah 120 juta.

Melakukan perhitungan per meter persegi ketika membuat hunian harus dilakukan secara tuntas dan menyeluruh. Contohnya untuk material bagian langit, lantai, dinding, dan keperluan finishing. Kedua perhitungan tersebut akan membantu untuk memperkirakan anggaran yang anda butuhkan.

Setelah melakukan perhitungan perkiraan, anda bisa mengecek daftar harga material bangunan yang dibutuhkan. Tahapan ini akan memudahkan anda untuk mengkalkulasi total biaya yang sesuai dengan bahan material yang diinginkan. Namun, jika anda masih ragu untuk menghitung anggaran, anda bisa memercayakannya kepada kontraktor.

  1. Menghitung Biaya Tambahan

Pastikan anda sudah menghitung segala komponen yang akan digunakan untuk hunian. Termasuk ventilasi dan interior yang memadai. Begitu juga dengan ruang makan dan wastafel di dapur. Sesudah semua tuntas dihitung, anda bisa menghitung  biaya lainnya untuk melengkapi kebutuhan membuat hunian.

Setelah menghitung anggaran membangun hunian, pastikan juga untuk memperkirakan jumlah biaya yang akan digunakan untuk dekorasi dan perabotan baru. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya lainnya seperti biaya administrasi, pajak rumah, biaya pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB), dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, anda juga perlu memperkirakan biaya tambahan bangun rumah seperti  perabotan utama. Peralatan tersebut meliputi, kursi, sofa, hingga kasur yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Anda harus menentukan kebutuhan tersebut sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Saat menghitung anggaran biaya tambahan, maka anda dituntut untuk bermain skala prioritas.

Itulah ulasan singkat mengenai tips memperkirakan biaya untuk membuat sebuah hunian. Anda bisa memulainya dengan menentukan apa saja yang dibutuhkan. Setelah itu, anda harus mencoba simulasi biaya keseluruhan untuk membuat hunian dan menghitung biaya tambahan agar anggaran anda tidak membengkak