3 Mitos Gunung Pancar dan Maknanya yang Pendaki Perlu Ketahui

Mitos Gunung Pancar memiliki cerita sendiri yang mengacu pada gunung sebagai simbol penegak bumi.

Bagi yang hobi mendaki, gunung Pancar bukan nama yang asing. Gunung yang berada di Sentul, Bogor ini memiliki tinggi hanya 800 mdpl, namun pemandangannya yang asri cocok untuk berkemah. Dibalik pemandangannya yang terlihat ramah, gunung ini juga memiliki beberapa mitos dan legenda. Mau tahu lebih lanjut? Simak daftarnya berikut ini.

Asal Usul Gunung Pancar

Nama gunung Pancar berasal dari bahasa lokal yang berarti pasak atau tonggak. Cerita awal dari nama ini bermula dari anggapan masyarakat setempat bahwa gunung ini merupakan gunung penopang bumi. Pasak ini bertujuan agar bumi tidak mengambang di lautan.

Mitos Gunung Pancar

Inilah beberapa mitos dan legenda di Gunung Pancar.

Gunung Pancar Sebagai Penopang Bumi

Berkaitan dengan legenda asal usulnya, gunung Pancar dipercaya merupakan penopang bumi. Gunung ini merupakan yang pertama berhasil menyeimbangkan bumi. Konon katanya, pada zaman dahulu gunung sering sekali berguncang dan tidak seimbang. Guncangan hebat memunculkan gundukan tanah yang semakin tinggi hingga membentuk gunung Pancar.

Gunung Pancar Sebagai Pusat Kerajaan Ghaib

Mitos lain dari gunung Pancar adalah kepercayaan bahwa gunung ini merupakan pusat kerajaan ghaib. Penghuni dari kerajaan ini kebanyakan adalah jin. Sebagai pusat tempat hidup jin, masyarakat menghimbau agar para pendaki dan pelancong yang ingin berkemah di gunung Pancar agar menghormati peraturan setempat. Jin-jin tersebut menurut mitosnya akan berperang saat hari akhir tiba.

Berkah dari Makam Keramat

Selain legenda sebelumnya, pengunjung juga dapat menemukan makam keramat dari sesepuh terkenal seperti Raden Surya Kencana, Mbah Raden Lawulung, dan Ki Mas Bungsu. Berkat adanya makam-makam keramat, beberapa pengunjung percaya bahwa makam-makam tersebut bisa membawa berkah. Banyak peziarah yang datang dan berharap mendapatkan berkah dari makam keramat di gunung Pancar.

Tata Tertib Bertamu di Gunung Pancar

Dengan banyaknya mitos yang ada di gunung Pancar, pengunjung perlu menaati tata tertib yang ada. Berkata kasar, membuang sampah, dan kencing sembarangan sangat dilarang di tempat ini. Konon bagi yang melanggar bisa disesatkan oleh jin.

Itulah beberapa mitos gunung Pancar, semoga informasi ini bermanfaat.